Rabu, 02 Agustus 2017

Shiddiq , Amanah , Tabligh dan Fathanah

(Shiddiq, Amanah, Tablig dan Fathanah)

Perilaku Rasulullah saw adalah suri teladan bagi umat manusia. Ketinggian budi pekerti beliau disebutkan dalam Al-Quran sebagai berikut:
Dan Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. (Q.S. al-Qalam [68]:4)
Meneladani akhlak terpuji Rasulullah saw merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Membiasakan ahklak terpuji dalam kehidupan sehari-hari, termasuk salah satu bukti cinta kita kepada Rasulullah saw.
A. Ahklah Shiddiq, Amanah, Tablig dan Fathanah dalam kehidupan sehari-hari
Para rasul memiliki empat sifat wajib, yaitu shiddiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan), dan fathanah (cerdas). Sebagai orang yang beriman, kita wajib mengamalkan keempat sifat wajib, sebagaimana yang dimilki para rasul tersebut dalam kehidupan sehari-hari supaya menjadi anak yang beahlak terpuji.
1 Shiddiq
Arti Shiddiq adalah jujur atau berkata benar. Seseorang yang memiliki sifat shiddiq, ia tidak pernah berkata dusta. Apa yang diucapkannya selalu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
Orang yang memiliki sifat shiddiq merasa selalu diawasi Allah. Ia tidak mau berkata dusta meskipun orang lain tidak mengetahuinya. Hal itu disebabkan ia yakin bahwa Allah mah mengetahui segala gerak-gerik dan batin hamba-nya.
2 Amanah
Arti Amanah adalah dapat dipercaya. Lawan dari amanah adalah khianat. Seseorang yang memiliki sifat amanat, dapat memegang janji dengan baik. Apa yang telah dipercayakan oranglain kepadanya akan ditunaikan dengan penuh tanggung jawab. Ia tidak pernah berkhianat dan mengingkari janji. Perkataannya mengandung kebenaran dan kebaikan.
Orang yang memiliki sifat amanah akan dipercaya orang lain, sebagaimana nabi Muhammad saw mendapat gelar Al-Amin pada waktu masih muda. Gelar tersebut diberikan kepada nabi Muhammad saw karena beliau selalu berkata benar dan tidak pernah mengingkari janji.
Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha Melihat. (Q.S. An-Nisa: 58)
3 Tablig
Arti Tablig adalah menyampaikan. Seorang rasul memiliki kewajiban menyampaikan wahyu yang diterima dari Allah kepada umat manusia. Allah memberi tugas kepada para rasul untuk menyampaikan ajaran-Nya. Para rasul tidak boleh menyembunyikan hal-hal yang telah diwahyukan Allah.
Demikian pula seorang muslim, ia memiliki kewajiban menyampaikan kebenaran kepada orang lain walau pun hanya satu ayat. Rasulullah saw bersabda:
ﺑَﻠِّﻐُﻮْﺍ ﻋَﻨِّﻲْ ﻭَﻟَﻮْ ﺍَﻳَﺔً
Sampaikanlah dariku walaupun satu ayat
Jadi, dimana saja kita berada, hendaknya kita dapat mengajak orang lain untuk selalu berbuat baik, tolong menolong dan taat terhadap perintah-perintah Allah swt dan rasul-Nya. Kita tidak boleh bersikap masa bodoh dan acuh tak acuh. Apalagi, berpura-pura tidak tahu tentang ajaran islam yang harus disampaikan. Kebalikan dari tablig adalah
kitman artinya menyembunyikan.
4 Fathanah
Arti Fathanah adalah cerdas. Lawan kata cerdas adalah bodoh. Di dunia ini sesungguhnya tidak ada orang yang bodoh. Yang ada hanya orang yang malas sehingga otak mereka tidak terasah dan lama-kelamaan menjadi tumpul. Oleh karena itu, memiliki sifat cerdas merupakan keharusan bagi setiap muslim.
Jika setiap muslim bersikap rajin, otak senantiasa terasah sehingga menjadi cerdas. Orang yang cerdas mampu menyelesaikan masalah yang timbul, baik itu masalah diri sendiri maupun masalah yang dihadapi orang lain.
B. Akhlak Mulia Lima Rasul Ulul Azmi
Pernahkah kalian mendengar tentang rasul ulul azmi? Ada berapa rasul ulul azmi? Arti ulul azmi adalah yang memiliki kemauan keras. Rasul yang memiliki gelar ulul azmi berarti rasul yang memiliki kesabaran tinggi dalam menghadapi cobaan dalam berdakwah. Mereka berdakwah untuk menyampaikan ajaran islam kepada umat manusia.
Cobaan yang dihadapi rasul ulul azmi sangat berat. Ketabahan mereka menghadapi cobaan telah dibuktikan. Mereka telah mengorbankan jiwa dan raga demi tegaknya agama Allah di muka bumi.
Para rasul yang bergelar ulul azmi terdiri atas lima, yaitu nabi Nuh as, Ibrahim as, Musa as, Isa as dan Muhammad saw. Nama-nama rasul ulul azmi disebutkan dalam Al-Qur’an berikut ini.
Dan (Ingatlah) ketika kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (sendiri) dari Nuh, Ibrahim, Musa dan Isa putra Maryam, dan kami Telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh. (Q.S. Al-Ahzab: 7)
Para rasul ulul azmi memiliki akhlak sangat mulia yang dibuktikan ketika berdakwah. Sabar, teguh pendirian, membela kebenaran, dan mengutamakan cinta kepada Allah merupakan akhlak mulia yang dimiliki para rasul ulul azmi.
C. Akhlak terhadap teman
Teman sesama siswa adalah mitra kita dalam menuntut ilmu pengetahuan dan agama. Kita harus bekerja sama dengan mereka dalam hal kebaikan serta berlomba dalam mengejar prestasi. Di sekolah kita setiap hari bertemu dengan mereka. Masing-masing dari mereka memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda-beda. Ada yang patuh, bandel, pandai, bodoh, rajin, kaya, miskin, ramai, pendiam dan sebagainya.
Bagaimanapun keadaannya mereka semua adalah teman kita. Hanya saja kita harus pandai memilih teman yang bisa diajak maju dan memberikan kebaikan kepada kita dan mana teman yang dapat meningkatkan prestasi belajar kita.
Dengan teman yang perilakunya tidak baik, seperti nakal, malas belajar dan sebagainya kita harus tetap menghargai dan menganggap mereka sebagai kawan. Hanya saja kamu tidak boleh tepengaruh oleh mereka. Adapun dengan teman yang rajin patuhdan berprestasi kita harus mencontohnya agar bisa berlomba dalam kebaikan dengannya.
Bekerja sama dan berlomba dalam kejelekan hanya membuat kita tidak pernah mencapai kemajuan, seperti saling menyontek, membolos, nakal dan sebagainya. Sebaliknya jika kamu serius belajar dan taat pada peraturan, maka kamu akan menjadi siswa yang baik dan beprestasi.
Untuk memelihara hubungan baik dengan teman, ada beberapa cara yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut:
1 Ucapkan “As-Salamu ‘alaikum” bila bertemu dengan teman
2 Berlaku jujur
3 Jika teman membutuhkan pertolongan, tolonglah dia
4 Memaafkan kesalahan teman
5 Saling menghormati dan menghargai
6 Tidak sombong dan tidak pelit kepada sesama teman
Hindari perlakuan yang dapat merusak pergaulan dengan teman, seperti berikut ini:
1 Menyakiti perasaan teman, baik berupa perkataan atau perbuatan
2 Menghina dan memandang rendah teman kita
3 Kikir atau pelit terhadap teman
4 Berkata bohong kepada teman
Uji Kompetensi
A. Pilihlah satu jawaban a, b, c, atau d dengan memberi tanda silang (X) pada salah satu jawaban yang paling benar!
1 Seseorang yang memiliki sifat shiddiq tidak pernah berkata…
Jujur b. Benar
c. Dusta
d. Apa adanya
2 Seseorang yang memiliki sifat amanah selalu…. Janji
Mengingkari b. Memenuhi c. Lupa pada d. Melalaikan
3 Orang yang berkhianat akan masuk…
Surga b. Bulan c. Firdaus d. Neraka
4 Kita wajib menyampaikan kebenaran kepada orang lain, walaupun hanya…
Satu buku b. Satu kitab c. Satu ayat d. Satu lembar
5 Mampu menyelesaikan masalah diri sendiri maupun orang lain merupakan cirri orang bersifat…
Tablig b. Fathanah c. Shiddiq d. Amanah
6 Jika ada teman yang kesusahan, kalian harus…
Membiarkan b. Membantu c. Mempermalukan d. Mendiamkan
7 Apabila telah bebuat salah kepada teman, sebaiknya kalian…
Minta maaf jika di suruh
c. Diam saja
Segera minta maaf
d. Minta maaf pada hari yang berbeda
8 Arti ulul azmi adalah…
Memiliki kemauan keras c. Hidup sengsara
Punya harta melimpah
d. Keturunan bangsawan
9 Rasul yang bergelar ulul azmi berarti rasul yang memiliki…
Pengikut yang banyak c. Kekayaaan yang banyak
Kesabaran yang tinggi
d. Istana yang megah
10 Berikut ini termasuk rasul ulul azmi, kecuali….
Nabi Muhammad b. Nabi Musa c. Nabi Isa
d. Nabi Ismail
B. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar
1 Siswa yang tidak shiddiq disebut…
2 Seseorang yang tidak amanah disebut…
3 Bila ada orang yang membunyikan ilmu disebut…
4 Lawan dari sifat fathanah adalah…
5 Teman kita adalah………. dalam menuntut ilmu
6 Nabi yang sejak kecil terkenal amanahnya adalah…
7 Sampaikanlah dariku walaupun satu…
8 Siswa yang berani menyampaikan kebenaran berarti telah memiliki sifat….
9 Artidari ulul azmi adalah…
10 Ciri teman kita yang baika adalah….
C. Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan tepat
1 Apa yang dimaksud dengan :
Shiddiq:
Tablig:
Fathanah
Amanah:
2 Apa akibatnya jika kalian sering berdusta?
3 Sebutkan keuntungan orang yang bersifat fathanah?
4 Sebutkan nabi yang mempunyai gelar ulul azmi?
5 Bagaimana cara memelihara hubungan baik sesama teman?