Rabu, 02 Agustus 2017

Rukun Iman dan Rukun Islam

Rukun Iman

   Iman menurut bahasa artinya kepercayaan
   , sedangkan menurut istilah syara’ iman adalah mempercayai atau meyakini dengan hati, mengucap dengan lidah dan mengamalkannya dengan perbuatan.

  Rukun artinya landasan atau dasar.
Berarti
ada 6 landasan atau dasar dalam islam, yaitu disebut dengan rukun iman. Tanpa adanya keenam hal tersebut maka kita tidak dikatakan sebagai orang islam.

Karena semua rukun islam ini saling berhubungan dengan rukun iman, baru dikatakan islam apabila kita mempercayai rukun iman yaitu :
mempercayai Allah, mempercayai rasul, malaikat, kitab, hari kiamat dan takdir.
Seperti yang telah disebutkan dalam Al-qur’an surat Annisa ayat 59 :

Yang Artinya: “Hai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah rasul Nya, dan ulil amri diantara kamu. kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalilkanlah ia kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (Sunnahnya) jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih baik bagimu dan lebih baik akibatnya." (QS. An-Nisa' :59).
Dari ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa kita tidak dapat memeprcayai salah satunya saja. Kalau kita mengaku beriman kepada Allah maka percaya juga kepada rasul, malaikat, kitab Allah, hari kiamat, dan takdir. Sehingga dengan keimanan kita tersebut kita dapat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Berikut kami jelaskan 6 rukun iman yang wajib diyakini:

Rukun Iman Ada 6 Perkara

1) Iman (percaya) kepada Allah

2) Iman (percaya) kepada malaikat

3) Iman (percaya) kepada Rasul-Rasul Allah

4) Iman (percaya) kepada kitab-kitab Allah

5) Iman (percaya) kepada Hari Kiamat

6) Iman (percaya) kepada Qada dan Qadar (Takdir yang baik dan yang buruk)

77 (Tujuh Puluh Tujuh) Cabang dari Cabang-Cabang IMAN

Rukun Islam

1. Syahadat
2. Shalat
3. Zakat
4. Puasa
5. Haji